Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Meningkatkan Kinerja Handphone Android Agar Tidak Lemot


Tips Meningkatkan Kinerja Handphone Android Agar Tidak Lemot - Saat ini banyak sekali pengguna handphone Android di Indonesia dari berbagai varian dan merk yang beredar di pasaran. Bahkan bila Anda berjalan di pusat perbelanjaan, maka Anda akan dengan mudah menemukan beberapa orang sedang asik memainkan handphone Android miliknya.Tapi nyatanya SmartPhone ini memiliki masalah yang hampir sama, layaknya handphone dengan kemampuan komputer, handphone ini juga dapat menghadapi masalah lemot dalam kinerjanya.

Lemot ini sendiri dapat muncul akibat beberapa faktor, termasuk akibat dari penggunaan sehari hari Anda terhadap handphone Android yang menyebabkan handphone Android Anda akhirnya menjadi lemot.

Akhirnya ini mengganggu kegiatan Anda ketika sedang
asik menggunakan handphone Android Anda. Disini Aan Shared akan memberikan Anda, sedikit langkah langkah yang harus Anda lakukan untuk mengembalikan kinerja handphone Android Anda layaknya Anda pertama kali membeli handphone tersebut. Berikut ini tipsnya:

Matikan Live Wallpaper

Live Wallpaper memang membuat handphone Anda
semakin terlihat cantik dan indah dipandang. Tetapi fitur ini menyedot baterai handphone Anda dan juga membuat performa handphone Android Anda di layar utama menjadi sedikit lamban, terutama ketika Anda akan melakukan scrolling ke atas bawah atau pun ke kanan kiri. Dengan mematikan fitur Live Wallpaper ini, maka akan membuat handphone Android Anda berjalan lebih ringan dan lancar.

Kurangi Jumlah Widget

Widget merupakan fitur Android yang memungkinkan
Anda menempelkan sebuah fungsi di layar utama
handphone Android Anda. Widget juga membantu
membuat tampilan layar utama handphone Android Anda terlihat lebih menarik dan cantik, namun bila terlalu banyak widget yang dimunculkan di layar utama, maka ini akan ikut mempengaruhi performa handphone Android Anda, terutama ketika Anda mengakses layar utama dari handphone Android Anda. Jadi, ada baiknya Anda mengurangi jumlah widget yang ada di layar utama handphone Android Anda.

Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Terkadang ada aplikasi yang masih berjalan ketika Anda sudah keluar dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini akan memakan memori handphone Android Anda tanpa Anda sadari. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka semakin berat handphone Android Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa aplikasi aplikasi tersebut secara berkala untuk menghindari aplikasi yang tidak tertutup memakan memori handphone Android Anda.

Matikan Fitur Auto Update

Fitur ini merupakan fitur di Play Store yang akan secara otomatis melakukan update dari semua aplikasi yang Anda miliki. Namun terkadang ketika Anda sedang memerlukan penggunaan handphone secara intensif, fitur ini melakukan update secara otomatis dan akhirnya memakan koneksi dan memori handphone Anda. Jadi, sebaiknya Anda mematikan fitur ini dan melakukan update secara manual untuk menghindari handphone Anda kehabisan memori ketika Anda membutuhkannya.

Matikan Fitur Auto Brightness

Fitur ini merupakan fitur yang akan membantu Anda
mengatur tingkat pencahayaan yang akan dikeluarkan
oleh handphone Android Anda, namun bila Anda sering berpindah pindah ketika menggunakan handphone Android Anda, fitur ini akhirnya akan membebani kinerja dari handphone Android Anda. Fitur ini membuat handphone untuk melakukan pengaturan dan penyesuaian secara terus menerus sehingga akhirnya memperlambat kinerja handphone Anda. Jadi, sebaiknya Anda mematikan fitur ini untuk mencegah handphone Android Anda berkerja terlalu keras.

Factory Reset

Fitur ini akan mengembalikan semua pengaturan
handphone Android Anda ke pengaturan awal, di mana Anda pertama kali menggunakan handphone Android Anda. Fitur ini adalah jalan terakhir, bila handphone Android terlalu lemot dan Anda sudah mencoba berbagai cara namun tetap tidak dapat meningkatkan kinerja handphone Anda, maka ini fitur ini adalah cara terakhir yang bisa Anda pilih. Fitur ini akan mengembalikan semua pengaturan termasuk aplikasi yang sudah Anda miliki akan hilang, sehingga Anda harus mengunduh ulang.

Langkah langkah di atas adalah untuk membantu Anda mengembalikan kinerja handphone Android, terutama ketika handphone Android Anda sudah terasa lemot dan akhirnya mengganggu kinerja handphone Anda. Selain untuk memperbaiki, Anda juga bisa menggunakan langkah langkah di atas untuk mencegah handphone Android Anda menjadi lemot.!

Selamat Mencoba.!