Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS ANDROID: Cara Menghemat Baterai Android

Aan Shared | Tips Menghemat Baterai Ponsel Android - Bagi Para pengguna smartphone Android yang masih awam, pasti merasakan baterai Android nya cepat sekali habis. Dan Anda pun pasti bertanya-tanya gimana sih Cara Menghemat Baterai Di Ponsel Android?

Yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus cermat mengatur fitur-fitur dan aplikasi yang digunakan. Berikut ini rangkumannya:

1. Matikan WiFi

Jika sedang tidak digunakan, sebaiknya non-aktifkan WiFi. Atau ubah pengaturan di “Settings>>Wireless & Networks>>Wi-Fi
Ganti settingan, dengan cara menekan tombol “Menu”, pilih “Advanced” dan set “Wi-Fi Sleep Policy” menjadi “Never”.

2. Matikan Bluetooth

Matikan bluetooh di saat tidak dipergunakan:
“Settings>>Wireless & Networks>>Bluetooth”

3. Matikan GPS

Hidupkan GPS hanya jika sedan dibutuhkan saja, karena fitur ini cukup banyak memakan daya dengan terus berusaha terkoneksi dengan satelit jika diaktifkan. Untuk mengaturnya, lakukan melalui “Settings>>Location”

4. Matikan Mobile Network

Saat sedang tidak membutuhkan koneksi internet mobile, sebaiknya matikan fitur ini melalui “Settings>>Wireless & Networks>>Mobile Networks>>Enable Always On Mobile Data”.

5. Kurangi Screen Brightness

Jika sedang berada di dalam ruangan atau tempat dengan pencahayaan tidak terlalu terang, sebaiknya kurangi brightness layar. Masuk ke “Settings>>Display>>Brightness”.

6. Screen Timeout

Pilih waktu timeout layar yang sedang-sedang saja, misalnya 30 detik, melalui “Settings>>Display>>Screen Timeout”.

7. Matikan Fitur Live Wallpaper

Hindari penggunakan live wallpaper animasi atau 3D. Disarankan untuk menggunakan wallpaper yang statis saja. Untuk pengaturannya, long-tap di homescreen lalu pilih “Wallpaper”.

8. Matikan Fitur Automatic Updates

Fitur ini sebetulnya cukup membantu memantau versi terbaru dari aplikasi-aplikasi yang terinstall. Namun sekaligus juga memakan lumayan banyak daya baterai. Untuk pengaturannya, masuk ke menu “Settings>>Accounts & Sync”.

Semoga artikel tentang Cara menghemat Baterai Android dapat bermanfaat buat sobat Aan Shared semua.!