Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Booting Ponsel Android

Aan Shared

Pernahkah sobat sekalian setelah reboot si android lama sekali loading menuju layar utama. Lalu, jika sobat perhatikan di notification status bar muncul “Media scanner is running” dan baru bisa dipakai setelah proses itu selesai.

Sebenernya itu adalah proses scanning isi dari SDcard untuk mencari file gambar, music, video untuk katalog di Gallery, Music Player, dll. Semakin besar kapasitas SDcard anda, semakin lama scanningnya, sampai-sampai anda malas menunggunya. Apakah hal itu pernah sobat rasakan? Pastinya iya kan :-) hehe.

Beberapa survey yang saya lakukan pada kebayakan pengguna android, mereka sering kali mengeluhkan hal tersebut. Semoga postingan saya kali ini bisa sedikit membantu para pengguna android dimana pun berada.

Cara Mempercepat Proses Booting Android



Sedikit dari saya untuk mempercepat proses booting ponsel Android sobat, silahkan disimak.

Pertama, saya rekomendasikan supaya menginstal aplikasi bermana Rescan Media Root. Aplikasi ini gratis dan bisa sobat dapatkan dari sini => Download Rescan Media Root.

NB: aplikasi ini hanya untuk ponsel android yang sudah di root saja lo yah.

Kedua, Pastikan USB Debugging diaktifkan. (Settings =>Applications =>Development => checklist USB debugging).

Ketiga, Buka aplikasinya, lalu pilih Disable Media Scanner.

Aan Shared

Sudah selesai hanya demikian saja. Untuk keluar, tekan back sekali saja (butuh waktu sekitar 5 detik sebelum keluar).

Selamat, sekarang booting hp Android sobat akan terasa jauh lebih cepat.

Note: Jika setelah Disable Media Scanner, waktu buka Gallery, Music atau sejenisnya, sobat tidak menemukan file-file sobat dan malah muncul tulisan “No items”, buka lagi Rescan Media Root dan scanning akan otomatis berjalan. Kalo tetep gak muncul, pilih Re-enable Media Scanner.

Mudah bukan!
Selamat mencoba aja deh!